Selasa, 26 Juni 2012

SOAL UJIAN FILSAFAT ILMU


SOAL UJIAN FILSAFAT ILMU
                                                Dosen  : Dr. Ridha Ahida, M.Hum
                                                Semester Genap TA 2011/ 2012

1.Bagaimana pendapat saudara tentang Islamisasi Ilmu Pengetahuan dalam kerangka ontologi, epistemologi dan aksiologi ilmu dan kaitannya dengan pengembangan MAN, Pondok Pesantren, STAIN, IAIN dan UIN.

2.Berdasarkan objek materi dan objek forma ada tiga metode ilmu : ilmu alam, ilmu sosial dan ilmu kemanusiaan. Jelaskanlah metode pada ketiga ilmu tersebut. Dan bagaimana dengan metode pada ilmu-ilmu keIslaman?

3.Bagaimana pendapat saudara tentang sejarah perkembangan filsafat ilmu pengetahuan sejak abad klasik (Yunani) sampai dengan abad kontemporer. Bagaimana corak filsafat ilmu pengetahuan pada setiap periode tersebut dan pengaruhnya terhadap pemikiran keagamaan.

4. Filsafat, agama dan ilmu merupakan tiga titik pencarian kebenaran. Bagaimana tanggapan saudara tentang posisi ketiga entitas tersebut dalam kehidupan manusia, apakah mungkin disatukan atau tidak dan format yang terwujud darinya.



  
                                               
                                                  SELAMAT UJIAN SEMOGA SUKSES

1 komentar:

Rezki Amelia mengatakan...

NB: KWAN2 DI PASCA IAIN INI SOAL UJIAN KITO UNTUK MATA KULIAH FILSAFAT ILMU..KTNYA IBUK MINTA MAAF KRN TELAT NGIRIMNYA KE KITA :)

Posting Komentar